Psikologi dalam Pekerjaan

Psikologi adalah studi ilmiah tentang proses mental dan tingkah laku.
Para psikolog mencoba untuk mendeskripsikan, memprediksikan, dan menjelaskan proses tingkah laku dan mental manusia, sebaik mereka membantu perubahan dan peningkatan hidup manusia dan dunia dimana mereka hidup. Merek memakai mtode ilmiah untuk menemukan jawaban yang jauh dari sifat valid dan sah daripada menghasilkan jawaban dari intuisi dan spekulasi, yang seing kali tidak akurat.

Sub-sub bidang yang bebeda dari psikogi membuka kemungkinan para psikolog untuk menjelaskan perilaku yang sama melalui beberapa cara.



Bekerja dalam Bidang Psikologi

Psikologi dipekerjakan dalam berbagai latar. Banyak psikolog dalam tingkat doktoral dipekerjakan oleh institusi pendidikan yang lebih tinggi (universitas atau perguruan tinggi) atau bekerja sendirii, biasanya bekerja sebagai praktisi yang menangani klien .





Lingkungan kerja lainnya adaalah rumah sakit, klinik, pusat kesehatan mental, pusat konseling, organisasi pemerintah pelayanan manusia, bisnis, sekolah , bahkan paara psikolog dipekerjakan dalam militer, bekerja bersama para prajurit, veteran, dan keluarga mereka  dan mereka bekerja untuk pemerinta federal dalam Departemen Keamanan Tanah Air, yang melawan terorisme (Asosiaso Psikologi Amerika, 2007; DeAngelis & Monahan, 2008).



Kebanyakan psikolog bekerja dalam latar akademis, sehingga mereka dapat mengombinasikan tiga peran utamaa yang dimainkan psikolog dalam masyarakat : tenaga pendidik (guru, dosen), ilmuwan, dan praktisi klinis. Banyak profesor psikologi juga secara aktif terlibat dalam penelitian atau melayani klien. Meskipun demikian, apapun lokasi kerjanya, para psikolog mempunyai komitmen untuk meningkatkan kehidupan individu dan juga masyarakat pada umumnya


Referensi :
        Feldman, R. S. (2012). Pengantar Psikologi (ke-10 ed.). (Desi, Ed., & P. Gina, Trans.) Jakarta Selatan: Salemba Humanika.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.